Friday, July 19, 2019

Bagaimana Cara Berdagang Sahabat-sahabat Nabi


Salah satu sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah berdagang. Berdagang bertujuan agar kita tidak menjadi beban kedua orang tua kita, berdagang juga melatih kemandirian, berdagang merupakan anjuran Nabi, berdagang bisa menciptakan peluang kerja. Para sahabat Nabi semuanya adalah pedagang dan yang membuat mereka sukses salah satunya dengan bersedekah.

Q.S Al-Hadid : 7 

ءَامِنُوا۟ بِٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ وَأَنفِقُوا۟ مِمَّا جَعَلَكُم مُّسْتَخْلَفِينَ فِيهِ فَٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَأَنفَقُوا۟ لَهُمْ أَجْرٌ كَبِيرٌ

Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya. Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan menafkahkan (sebagian) dari hartanya memperoleh pahala yang besar.



Pembahasan selanjutnya bagaimana cara berdagang sahabat-sahabat nabi??

1. Ustman Bin Affan

Ustman bin Affan adalah sahabat Nabi dia saudagar kaya dan dermawan, memiliki usaha kain yang sukses.

Rahasia kesuksesan Ustman bin Affan

Sabar dan bersyukur 

Ustman bin Affan tidak pernah menghambur-hamburkan rezeki justru membelanjakan hartanya, Ustman bin Affan juga sabar dan bersyukur. Ustman gigih tidak pernah menyia-nyiakan waktu  dan suka bersedekah

Dermawan

Kedermawanan Ustman terlihat ketika dulu terjadi perang tabuk, Ustman membawa separuh hartanya 50% disedekahkan ke jalan Allah untuk berjihad, Ustman juga memperbaiki masjid nabawi.

Ikhlas dan tawakkal

Ustman membeli sumur dari saudagar Yahudi dengan harga mahal senilai 300 dirham / 12 M.

2. Tal ah bin Ubaidillah

Tal ah adalah seorang syiria dia pedagang yang cerdik dan pintar kekayaannya mencapai 700.000 dirham / 44 M setara dengan 29,75 kg emas.

Tal ah juga sangat dermawan dia membagikan hartanya dengan menaruh nya di piring-piring kecil yang berisi emas. Sahabat terdekatnya mendapat lebih besar emas itu ditaruh di nampan salah satunya Ali bin Abi Thalib. Tal ah juga tidak lupa untuk memberikan ke istrinya yang bernama ummu khulsum bin Abu bakar Ashidiq 1000 dirham / 163 juta.

Tal ah diberikan gelar sebagai :

Tal ah Al-fayat yang berarti banjir infaq
Tal-ah Al-khayr yang berarti si orang baik
Tal-ah Al-jut yang berarti si dermawan

3. Abdurrahman bin Auf

Terkenal menjadi milyader dan dijamin masuk surga. Pertama kali masuk islam menginfakkan 2,4 M dari 4,8 M hartanya 50% disedekahkan.
Saat perang tabuk membawakan 2 ukhyah emas yang  1 ukhyah nya 50 dinar, masha Allah saking dermawannya Abdurahman bin Auf masuk surga dengan merangkak.

Kesimpulan yang dapat kita ambil adalah boleh mengejar harta, jangan meletakkan harta di hati tetapi cukup di genggaman kita. Dan nafkahkanlah sebagian hartamu yang Allah jadikan kamu menguasai. Sahabat Nabi adalah orang-orang dermawan berapun penghasilan yang didapat mereka tidak lupa bersyukur dan bersedekah.

Semoga kita semua dilancarkan dalam berusaha, berwirausaha dan segala urusan kita. Semoga bermanfaat teman teman

Konsultasi bisa ke http://Bit.ly/Arvina-PaytrenLeader2018






EmoticonEmoticon