Wednesday, November 13, 2019

6 Macam Obat Herbal dan Manfaatnya


Hallo boys and Girl, selamat siang bertemu di blog putri blogger nah boys and girl kali ini saya akan mengulas tentang macam tanaman herbal dan manfaatnya.


Obat herbal atau biasa disebut dengan ramuan tradisional adalah tanaman atau buah yang memiliki fungsi sebagai bahan obat atau ramuan untuk penyembuhan dan pencegahan segala macam penyakit. Ada berbagai macam obat herbal yang sudah biasa digunakan oleh sebagian besar orang untuk mengobati penyakit seperti tanaman jeruk nipis, jambu biji, temulawak dan masih banyak lagi.

Obat herbal biasa dipakai oleh orang yang berada di wilayah pedesaan, namun demikian begitu besarnya perhatian masyarakat pada pengobatan tradisional maka mereka yang hidup di kota besar pun kini mulai membudidayakan tanaman herbal di halaman mereka.

Macam-macam Obat Herbal Dan Manfaatnya


1. Jeruk Nipis



Siapa yang tidak tahu begitu banyak manfaat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh kita. Jeruk nipis (Citrus aurantifolia (cristm) suringle) salah satu manfaatnya memiliki khasiat sebagai ekspektoran / meredakan tenggorokan dan mengeluarkan dahak dari saluran pernapasan.

 Bagian yang digunakan adalah buah dan daun, untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti :

- Batuk
    Caranya dengan ambil satu buah jeruk nipis (peras), kecap/madu sama banyak dengan perasan jeruk nipis. Kemudian dicampur hingga merata dan diminum sehari 2 kali pagi dan sore tiap. Kali minum 1 ramuan.

- Demam
    Caranya dengan ambil daun jeruk nipis segar 5 helai, daun sembung segar 3 helai, daun prasman segar 5 helai, air 115 ml. Kemudian diseduh, diminum 1 hari sekali 100 ml.

- Nyeri Tenggorokan
   Caranya ambil satu iris jeruk nipis, kapur sirih sedikit. Jeruk nipis diolesi kapur sirih kemudian dipanaskan diatas api kecil atau peras, diminum 2x sehari satu ramuan diulang selama 3 hari.

- Nyeri Haid
    Caranya ambil satu buah jeruk nipis, kapur sirih 2 jari, mihyak kayu putih secukupnya. Peras buah jeruk nipis kemudian tambahkan kapur sirih dan minyak kayu putih kemudian diaduk sampai tercampur dan dioleskan pada perut.

2. Lidah Buaya 



Lidah buaya (Aloe vera Linn) memiliki khasiat sebagai anti inflamasi, laksatif, stomakik, dan ekspektoran. Bagian yang digunakan adalah daging daun biasa untuk mengobati penyakit seperti :

- Sakit kepala, pusing, sembelit, kejang pada anak, kurang gizi, batuk rejan, muntah darah, kencing manis, wasir,peluruh haid. 

Caranya : Ambil 200 gr daun segar lidah buaya, dicuci bersih, dikupas lalu direbus dengan 3 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin diminum 3 kali sehari pada pagi siang dan malam.

- Penyuburan Rambut

Caranya : Daun lidah buaya segar secukupnya dibelah, diambil bagian dalam yang rupanya seperti agar-agar. Digosokkan ke. Kulit kepala sesudah mandi sore. Kemudian dibungkus dengan kain keesokan harinya rambut dicuci. Dipakai setiap hari selama 3 bulan untuk mencapai hasil yang memuaskan.

- Luka Terbakar Dan Tersiram Air Panas
    (Ringan) 

Caranya : Daun dicuci bersih, amb bagian dalamnya, tempelkan pada bagian tubuh yang terkena api/ air panas.

- Bisul

Caranya : Daun dilunakkan ditambah sedikit garam, tempelkan pada bisulnya.


3. Sambiloto



Sambiloto ( Andrographis paniculata) memiliki khasiat sebagai Antiinflamasi, Antipiretik, Analgesik, Diuretik, Stomakik, dan Anti bengkak. Bagian  yang digunakan adalah seluruh bagian tanaman. Daun ini biasa digunakan untuk mengobati penyakit seperti :

- Kudis

Caranya : Ambil daun sambilotosegar 1 genggam, belerang sedikit, campur lalu ditumbuk hingga halus dan rata. Kemudian dilumurjan pada kulit yang sakit dan lakukan setiap hari hingga sembuh.

- Kencing Manis

Caranya : Ambil daun sambiloto 25 helai, daun kumis kucing 25 helai, air 110 ml. Direbus sampai mendidih dan diminum 1 kali sehari 100 ml.

- Radang Usus Buntu

Caranya : ambil daun sambiloto dan air secukupnya dipipis atau seduh diminum 1 kali sehari 1/4 cangkir. Apabila ramuan dibuat seduhan maka diminum 1 kali sehari 100 ml.

4. Buah Pir



Buah Pir memiliki khasiat untuk mengobati diabetes, antidemam, mengatasi gangguan pencernaan, dan jika kamu sering bepergian dengan kendaraan maka bisa juga untuk obat mabuk perjalanan.

Cara penggunaan : Ambil 200 gr pir segar yang telah masak, dicuci bersih, dikupas lalu diblender, sewaktu memblender tambahkan air sedikit demi sedikit hingga 50 cc, jus ini diminum tiga gelas sehari pada pagi, siang dan malam hari.

5. Pegagan



Pegagan ( Centella Asiatica) memiliki khasiat sebagai anti infeksi, anti racun, oenurun panas, asiaticoside dan vallarine. Bagian yang digunakan adalah seluruh tanaman. Biasa digunakan untuk mengobati penyakit seperti :

 - Infeksi batu saluran kencing 

Caranya : rebus 30 gr daun Pegagan segar dengan air beras bilasan.

- Wasir

 Caranya : Rebus 3-4 pohon Pegagan dengan 2 gelas air selama 5 menit lalu diminum.

6. Bawang Putih



Bawang Putih memiliki khasiat untuk menurunkan gula darah pada penderita diabetes, menurunkan tekanan darah tinggi, menambah sistem kekebalan tubuh anti serangan kanker, obat gangguan pencernaan. Bawang putih juga dapat mencegah atherosklerosis dan penyakit jantung. Dapat menurunkan tingkat serum kolesterol dan meningkatkan serum HDL kolesterol (jenis kolesterol yang baik)

Jika bawang putih dikonsumsindengan seledri dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah obat cacing gondok.

Caranya : 20 gr bwah putih dicuci bersih lalu diblender, jus ini diminum bersama dengan 1 sendok makan madu pada pagi dan siang hari.

Oke boys and girl itulah tadi 6 macam obat herbal dan manfaatnya. Nah boys and girl pemakaian obat herbal ini diharapkan sabar dalam melakukan terapi, baik disaat memilih ramuan segar maupun yang dalam keadaan kering. Jangka penyembuhan obat herbal ada yang cepat dan ada yang lambat, namun namun pasti dan tidak merusak / tidak berefek samping secara drastis.

Oke boys and semoga semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mampir di blog putri blogger. See you

1 komentar so far

Saya setiap pagi mengkonsumsi jeruk nipis yang diperas dalam air hangat tanpa gula lalu diminum sebelum perut terisi apapun.


EmoticonEmoticon